Program Studi Teknik Geologi Universitas Lampung, yang baru terbentuk pada Tahun 2023, saat ini sedang menjalani tahap pertama dalam pelaksanaan kurikulum yang telah disusun (Kurikulum 2024), dan di revisi sebagai Kurikulum 2024-Revisi Pertama pada Tahun 2025. Karena program studi ini masih dalam tahap awal dan belum memiliki lulusan, evaluasi terhadap kurikulum saat ini dilakukan dengan pendekatan berbasis masukan dari berbagai pemangku kepentingan. Masukan tersebut meliputi kontribusi dari fakultas, dosen pengampu mata kuliah, mahasiswa aktif, serta mitra industri yang relevan dengan bidang geologi dan Asosiasi Program Studi Teknik Geologi Indonesia (Asproditegi). Proses evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan relevan dengan perkembangan ilmu geologi, serta dapat menghasilkan lulusan yang kompeten, sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan masyarakat.

Kurikulum 2025 Prodi Teknik Geologi Unila disusun berdasarkan analisis kebutuhan stakeholder/pengguna dan lulusan. Seluruh informasi tersebut kami analisis untuk mendapatkan rumusan profil lulusan. Sebagai program studi yang memiliki visi unggul pada bidang teknologi kebumian, khususnya kajian energi dan mitigasi bencana geologi, kurikulum ini dirancang untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan tantangan global dan kebutuhan industri. Hasil perumusan Profil Lulusan Teknik Geologi ditunjukkan lengkap dengan deskripsinya sebagai berikut:

Profil Lulusan:

  1. Profesional geologi yang menjunjung tinggi etika serta mampu berkolaborasi dan berkomunikasi secara efektif untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan
  2. Menguasai ilmu sains dasar dan prinsip geologi serta mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk implementasi dalam bidang energi dan mitigasi bencana geologi
  3. Mampu merumuskan dan menyelesaikan permasalahan geologi secara analitis dan sistematis, dengan pendekatan keteknikan yang adaptif untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan Profil Lulusan yang telah dirumuskan dalam Kurikulum 2025, maka lulusan Program Studi Teknik Geologi Unila dituntut untuk memiliki 4 aspek capaian pembelajaran, yaitu aspek Sikap dan Keterampilan Umum yang ditentukan oleh Perguruan Tinggi dengan mengacu sepenuhnya pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi, serta aspek Pengetahuan dan Keterampilan Khusus yang ditentukan dan dirancang berdasarkan standar ABET, IABEE dan SKKNI dengan berbagai masukan dari Asproditegi, Asosiasi Profesi Kegeologian (IAGI – Ikatan Ahli Geologi Indonesia) serta Stakeholder (Industri maupun Pemerintah. Sebagai program studi yang memiliki visi unggul pada bidang teknologi kebumian, khususnya kajian energi dan mitigasi bencana geologi, kurikulum ini dirancang untuk memastikan lulusan memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan global dan lokal, termasuk penguasaan teknologi eksplorasi panas bumi dan mitigasi risiko bencana geologi. Adapun rincian capaian pembelajaran Prodi S1 Teknik Geologi FT Unila:

Capaian Pembelajaran Lulusan:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan integritas serta etika profesi dalam menjalankan tugas kegeologian.
  2. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, sosial, dan lingkungan dalam pengembangan dan penerapan ilmu geologi, serta berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan semangat kebangsaan dan wawasan kebhinekaan.
  3. Mampu menguasai prinsip dasar matematika, fisika, kimia, biologi dan statistik dalam menyelesaikan permasalahan geologi.
  4. Mampu menjelaskan konsep teoritis ilmu geologi umum dan khusus secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara sistematis.
  5. Mampu menyimpulkan keputusan dengan tepat dalam bidang geologi berdasarkan analisis informasi dan data, mengelola dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan geologi, serta mampu menyeleksi berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  6. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi maju, dan seni yang relevan dengan bidang keilmuannya dan menerapkannya dalam kegiatan akademik dan profesional
  7. Mampu melakukan pemetaan geologi, pemodelan dan, interpretasi dengan metode geologi didukung teknologi maju, serta mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan eksplorasi sumber daya alam secara akurat, efektif, dan efisien.
  8. Mampu merancang dan mengevaluasi sistem, membuat model tentatif dan konseptual, menghitung cadangan, serta merekomendasikan perencanaan pemanfaatan sumber daya energi berkelanjutan.
  9. Mampu melakukan analisis potensi dan risiko bencana geologi untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan Profil Lulusan yang telah ditetapkan, rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan body of knowledge Prodi Teknik Geologi Unila yang telah disampaikan di bagian sebelumnya, maka Kurikulum 2025 telah melakukan analisis bahan kajian yang digunakan untuk memenuhi CPL tersebut. Secara umum, bahan kajian ditentukan berdasarkan kebutuhan bidang/cabang ilmu untuk memenuhi CPL Prodi dengan mempertimbangkan kebutuhan dari empat aspek capaian serta kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang berkembang saat ini. Adapun bahan kajian yang dirumuskan dalam kurikulum 2025 Prodi S1 Teknik Geologi FT Unila antara lain Matematika dan Sains Dasar, Sains Dasar Geologi, Geosains, Geologi Terapan, Desain Rekayasa, Humaniora, Energi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Berdasarkan matrik bahan kajian dengan capaian pembelajaran lulusan (CPL), Prodi Teknik Geologi telah menyusun mata kuliah berdasarkan bobot keluasan dan kedalaman hasil pembebanan dari bahan kajian dan CPL yang telah disusun. Struktur kurikulum 2025 dalam bentuk matrik mata kuliah pada tiap semester disusun sedemikian rupa sehingga mata kuliah yang berada di semester awal merupakan landasan bagi materi kuliah di semester berikutnya.